Elok, Ada Ban Mobil Anti Kempung dan Kebal Peluru Rancangan TNI

VIVA   – Ban yang dipasang dalam mobil memiliki peran untuk menjunjung kenyamanan dan keamanan, saat meluncur di jalan raya. Untuk menahan bobot kendaraan dan nantinya pivot sempurna, karet bundar diisi lagu angin dalam ukuran tertentu.

Tentu saja ban dengan diisi oleh tekanan angin tersebut, memiliki risiko ban pecah masa pemuaian terjadi akibat mobil dipakai melaju. Selain itu, karet juga bisa sobek jika kendaraan tidak sengaja menginjak paku, maupun substansi tajam di jalanan yang dilewati.

Risiko yang bisa terjadi dengan ban saat organ melaju itu, membuat tim teknis Poltekad Tentara Nasional Indonesia Pasukan Darat (TNI-AD) membuat inovasi. Permutasi itu berupa rancangan ban mobil anti kempis, bahkan anti pelor.

Bentuk ban tersebut, bahkan dipublikasikan menggunakan channel Youtube TNI AD. Video menunjukkan, ban anti kempis dan kukuh tembakan yang dirancang oleh tim teknis Poltekad dipasang pada mobil pikap kabin ganda, dan dipakai melaju.

Baca pula: Sudah Tahu Belum, Ini Lho Bedanya Pajero dan Pajero Sport

Perwira Teknis 2 Poltekad, Letda ARM Farid Hendro mengatakan, saat ini mobilitas tentara di TNI rata-rata menggunakan kendaraan bermotor, dan dihadapkan pada cacat ban menggunakan angin. Ini berpotensi menganggu mobilitas prajurit yang mengawaki kendaraannya.

“Kami mempunyai ide untuk menghasilkan sebuah ban yang nantinya zaman digunakan itu tidak bisa merembes atau pecah. Sehingga pada era kendaraan itu dipakai di daerah pertempuran, walaupun kena tembakan imbangan maka masih bisa digunakan, ” ujarnya dalam video yang dikutip VIVA Otomotif, Selasa 4 Agustus 2020.

Dalam tayangan video tersebut, terlihat ban anti kempis dan kebal tembakan tersebut dipasang pada kendaraan medis TNI ADA, berjenis pikap kabin berpasangan. Ban dibuat menyatu dengan pelek yang dirancang khusus, dan dipasang memakai lima baut di dudukan rodanya.

Tak cuma sekadar dipasang, mobil yang menggunakan ban tersebut dibawa melaju dalam berbagai medan jalan, mulai sebab yang rata, bebatuan kasar, sampai melindas barisan paku. Hasilnya, lantaran gambar ban terlihat tidak kecut atau berubah tekananannya.