Hyundai Buka-bukaan Soal Mobil Dinas Elektrik Ridwan Kamil

VIVA   – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Sempurna mecanangkan pemakaian kendaraan berbasis elektrik sebagai armada dinas Pemerintah Provinsi Jabar. Nantinya, akan dimulai dalam kalangan pemerintahan, diawali dengan mobil dinas Gubernur dan Wakil Gubernur.

“Saya ingin Jawa Barat jadi provinsi pertama di Indonesia, yang mewajibkan kendaraan dinasnya adalah mobil dan motor elektrik, ” ujarnya beberapa waktu berserakan.

Menurut pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut, langkah berani untuk pemakaian kendaraan bermotor listrik perlu dilakukan, kausa saat ini lingkungan sudah tiba rusak, terutama akibat emisi gas buang dari kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak.

Dia berharap, secara perubahan kebiasaan menggunakan kendaraan elektrik, Jabar menjadi provinsi pertama dengan menghasilkan polusi paling kecil dalam Indonesia. Sehingga, pemakaian kendaraan minus asap knalpot itu untuk mobil dinas, jadi langkah yang langsung.

“Bencana yang terjadi saat ini, sebagian juga karena kebiasaan kita membuat polusi, di antaranya gas buang kendaraan yang memakai BBM, ” paparnya.

Rencana Ridwan Kamil untuk memaka mobil listrik sebagai armada dinas di Jawa Barat, disambut cantik oleh PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) yang baru saja meluncurkan dua produk, yakni Ioniq & Kona.

Sales Director HMID, Erwin Djajadiputra mengatakan, pihaknya telah mendengar rencana pemakaian kendaraan listrik untuk mobil dinas Pemerintah Jabar. Hal tersebut terkait efisiensi yang lebih agung, jika dibandingkan dengan mobil bermesin konvensional.

“Kalau lantaran pernyataan pak Ridwan Kamil, itu pertimbangannya memang terkait efisiensi. Dengan electric vehicle, pemakaian untuk jeda 300 kilometer iitu hanya melenyapkan dana Rp 50 ribu, oleh karena itu lebih irit, ” ujarnya saat konfrensi pers beberapa waktu semrawut.

Photo:

  • Viva. co. id/ Pius Mali

Meski demikian, sebutan Erwin, sampai saat ini belum ada pemesanan unit mobil elektrik yang dilakukan oleh Pemerintah Menerangkan. Dia menyebut, pabrikan otomotif Korea Selatan itu siap memasarkan Ioniq dan Kona untuk konsumen awak, maupun fleet segment .

“Jumlah unit (mobil listrik) kami belum mampu mengatakannya, yang jelas pak Ridwan Kamil sudah menyebut Pemprov Menggambarkan akan memakai kendaraan dinas mayoritas berbasis listrik pada tahun 2021, ” paparnya.