Mengagumkan, Pria Ini Pelihara 19 Seperseribu Ember Ikan Cupang

VIVA   –  Memiliki hobi tertentu, jika ditekuni bisa menjadi bisnis dengan menguntungkan. Hal itu pula yang dialami oleh pria bernama Fahmi Wahyudi. Berawal dari kegemarannya di dalam ikan cupang, kini pria tersebut sudah memilki hingga 19 ribu ember ikan cupang.  

Adalah sang mertua yang membimbing dan mengajarinya merawat ikan cupang hingga menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan. Berawal dibanding cinta pada pandangan pertama era melihat ikan cupang yang dipelihara oleh sang mertua, kini ahli IT itu serius dan terjun langsung menjalani hobi sekaligus bisnisnya.

Presenter sekaligus YouTuber , Irfan Ketua berkesempatan mengunjungi peternakan ikan cupang milik Fahmi Wahyudi dan mertuanya. Di atas tanah seluas 2000 meter, hamparan ikan cupang tertib rapi dalam ribuan ember.  

Menyuarakan juga:   Mengejutkan, Aktivitas Seksual Meningkat saat Pandemi pada Leler Ini

“Ini cupang semuanya? Ya Allah guys, kurang lebih 2. 000 meter persegi, isinya ada 19 ribu ember cupang, ” ujar Irfan takjub mengikuti penjelasan Fahmi Wahyudi, dikutip VIVA lantaran YouTube DeHakims , Jumat 25 September 2020.  

Fahmi menjelaskan, di satu ember hanya terdapat utama ekor ikan cupang. Karena bila disatukan, cupang-cupang tersebut akan berselisih. Dia turut menjelaskan mengapa mengangkat ember sebagai tempat tinggal cupang-cupangnya.  

“Karena tersebut sebagai media pembesaran. Jadi semakin besar wadahnya, semakin bagus. Sebab jenisnya kan giant , ” kata dia.  

Tidak hanya ember saja yang digunakan agar cupang bisa tumbuh dengan baik, akan tetapi juga pada masing-masing ember kudu diletakkan tanaman air, berupa daun kapu-kapu. Apa fungsinya?  

“Ini untuk peredam panas dan menyerap amonia. Jadi, itu salah satu untuk meredam panasnya, ” kata Fahmi yang menjelaskan jika cupang tidak bisa hidup pada cuaca dingin seperti ruangan ber-AC dan cuaca yang terlalu radang.  

Meski cupang-cupang ini masih tergolong kecil, tetapi ternyata ikan-ikan cantik ini sudah siap untuk dijual. Untuk harganya paling murah Rp300 ribu bagi ekor. Itu pun untuk status yang tidak terlalu bagus.  

“Paling murah kalau kualitasnya down grade . Contohnya warnanya bagus tapi enggak luhur, atau performance -nya kurang. Kalau orang sejumlah kedokan atau insangnya  enggak terbuka, ” tuturnya.  

Nah, jika harga paling murahnya saja dibanderol Rp300 ribu bagi ekor, berapa harga satu punggung ikan cupang paling mahal hak Fahmi dengan kualitas bagus?  

” Paling garib Rp3, 5 juta – Rp10 juta, segede gini, ” sirih Fahmi Wahyudi sambil menunjukkan ikan cupangnya yang masih baby .