Menyetir Mobil Saat Hujan, Ingat-ingat Itu Biar Gak Celaka

VIVA   –  Abu mulai sering terjadi di provinsi DKI Jakarta dan sekitarnya. Iklim ini tentu harus menjadi menghiraukan ketika menyetir mobil, terutama sebab mereka yang  menjalankan kendaraan pribadinya  dalam aktivitas sehari-hari.

Ketika beraktivitas dalam kondisi abu, bukan hanya cara menyetir mobil saja yang harus disesuaikan, perihal kendaraan  pun harus mendapat perhatian. Ini agar tidak merepotkan pemakai ketika di dalam perjalanan.

Ada beberapa hal yang harus menjadi perhatian pengemudi ketika berkendara di musim hujan, itu seperti tips dari diler formal mobil Toyota Auto200 yang dikutip VIVA Otomotif, Kamis 5 November 2020. Pertama, perhatikan kecepatan masa melintas di wilayah yang abu.

Sebisa mungkin kurangi kecepatan saat mobil melaju di tengah cuaca hujan. Ini untuk memaksimalkan pengendalian mobil, karena biasanya daya pandang pilot menjadi terbatas. Disarankan untuk menekan kecepatan sekitar 20-30 km/jam ataupun sekitar 20% dari kondisi umum.

Pastikan untuk tentu fokus dan waspada dengan status sekitar ketuka menyetir mobil dalam cuaca hujan. Selalu hati-hati pada bermanuver atau ketika menggerakkan kemudi, serta menginjak pedal gas sungguh-sungguh dalam. Kendalikan kendaraan  supaya tetap berada di jalur yang positif, dan tidak mengganggu pengguna timah lain.

Untuk mengantisipasi situasi saat pengguna jalan asing di depan melakukan pengereman mendadak, pastikan untuk menjaga jarak tenang ketika hujan. Kurangi laju mobil secara bertahap dan cermat masa hujan, terutama saat melaju pada jalan tol. Sebab, kemampuan rem untuk menahan putaran roda dalam jalan basah, berbeda dengan dalam kondisi kering.

Selain ban dan rem, komponen seperti Aki, AC, serta lampu juga dipastikan harus berlaku normal. Sebab, bisa jadi bagian tersebut perlu diaktifkan ketika berkendara di cuaca hujan. Tak keok penting, pastikan wiper bisa membersihkan air dengan sempurna.

Demikian hal-hal yang harus menjelma perhatian ketika berkendara di musim hujan. Pastikan juga untuk tidak lupa berdoa, sebelum melakukan kunjungan dengan kendaraan.

Baca juga: Ketua MPR-RI Bamsoet Geber Mobil Ferrari di Sirkuit.