Mesin Yamaha Buatan Indonesia Kena Recall di Amerika

VIVA   –  Puluhan seperseribu sepeda motor buatan Yamaha Indonesia diduga mengalami masalah, dan kudu dibawa kembali ke bengkel resmi untuk dilakukan pemeriksaan. Hal tersebut terjadi di Amerika Serikat.

Badan keselamatan jalan awam AS mengeluarkan surat edaran dengan ditujukan pada Yamaha AS, memberi tahu bahwa ada tiga gaya besar yang komponennya berpotensi menikmati penurunan kualitas.

Dilansir VIVA Otomotif dari laman NHTSA, Jumat 23 Oktober 2020, 3 model yang dimaksud adalah Yamaha XMax, Yamaha R3 dan Yamaha MT-03.

Jumlah unit yang terindikasi menikmati kerusakan sebanyak 31 ribu bagian, yang dijual mulai 2015 mematok tahun ini. Namun, dari jumlah itu diprediksi hanya 50 persen yang benar-benar cacat produksi.

Baca juga:   Kelewat Kaya, Melvin Tenggara Mengaku Belum Pernah Naik Itu

NHTSA menemukan urusan pada reflektor lampu yang terpasang di bagian spatbor belakang. Kondensasi bisa membuat pemantul cahaya itu menurun kinerjanya, hingga ke iklim yang dianggap membahayakan.

Laporan NHTSA itu adalah hasil dari tindak lanjut pemberitahuan yang diterima Yamaha Motor Corporation USA, dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sebagai produsen.

Sebagai informasi, sebelumnya hal yang sama juga berlaku di Jepang, di mana bagian transportasi setempat melakukan penarikan balik terhadap puluhan ribu unit motor Yamaha karena masalah serupa.

Model yang masuk di daftar yakni NMax 125, NMax 150, NMax 250, YZF-R25, YZF-R25A, YZF-R3A, MT250, MT-25A, dan MT320. Jumlahnya mencapai 78. 230 bagian, yang diproduksi sejak 6 Oktober 2014 hingga 1 April 2019.